Kamis, 04 Mei 2017

Pertemuan 1 (Pengenalan Sistem Berkas)

,
Apa itu SISTEM ?
Sistem adalah sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.  

Dan apa itu BERKAS? Berkas adalah kumpulan informasi berkait yang diberi nama dan direkam pada tempat penyimpanan sekunder. Dari sudut pandang pengguna, berkas merupakan bagian terkecil dari penyimpanan logis. Itu artinya data tidak dapat ditulis ke penyimpanan sekunder. 
Jadi, SISTEM BERKAS itu adalah Sekumpulan informasi yang saling berkaitan dan didefinisikan oleh pembuatnya untuk mencapai tujuan tertentu.

Istilah Istilah Dasar Sistem Berkas :  
1. Data : Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.  

2. Tipe Data : Tipe data biasanya digunakan untuk menentukan jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel, umumnya telah menyediakan tipe-tipe data yang sederhana (simple) maupun yang terstruktur.

3. Item Data adalah : Tempat penyimpanan setiap atribut dari sebuah entitas. Item Data itu biasa disebut field, tetapi lebih tepat dipakai untuk menentukan tempat dimana item data disimpan.  

4. Entitas adalah : Sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik. Dalam pengembangan sistem, entitas digunakan sebagai model yang menggambarkankomunikasi dan pemrosesan internal seperti misalnya membedakan dokumen dengan pemrosesan pesanan.

5. Atribut adalah : Deskripsi data yang bisa mengidentifikasikan entitas  

6. Field adalah : suatu unit terkecil didalam data base, yang berisi karakter (byte).  

7. Record adalah : Suatu kumpulan beberapa field yang mempunyai tujuan yang sama. Field dalam suatu record mempunyai beberapa perbedaan seperti tipe field yang digunakan, namun mempunyai suatu kerja yang sama dalam tujuannya, dan walaupun field-field tersebut berada dalam satu kesatuan namun masing-masing field dapat diakses secara individual.

8. File adalah : kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Definisi file adalah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer.

9. Akses Data adalah: Satu cara dimana suatu program mengakses secara fisik record-record dalam file penyimpanan.

0 komentar to “Pertemuan 1 (Pengenalan Sistem Berkas)”

Posting Komentar

Blogger templates

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Daftar Isi

 

SA'AD L'C Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger